Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum

- 12/31/2016 01:40:00 PM

Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum

 
Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum
CRONOSAL-Sebuah komponen elektronik tak akan lepas dari kebutuhan listrik. Salah satunya komputer Desktop yng mengandalkan energi listrik menjdai tenaga penggeraknya. Sebagian besar pemakain komputer pasti pernah merasakan "sensasi" tersetrum era menyentuh bagian casing komputer (lebih-lebih berbahan logam). Meskipun Amat kecil serta tak memicu luka, akan tetapi "kejutan" listrik yang telah di sebutkan membuat siapapun kaget serta spontan menggerakan bagian tubuh yng tersetrum.
Kenapa ini mampu terlaksana?
Kabel power mempunyai tiga jalur; jalur muatan listrik, jalur muatan massa, serta jalur ground. Andai casing komputer sobat dialiri listrik, itu berguna instalasi listrik di rumah sobat tak mempunyai jalur ground. Mampu dikatakan ground ini merupakan energi listrik yng telah tak terpakai. Seumpama kita mencuci pakaian yang dengannya air, pasti ada air yng terbuang serta tak layak pakai bukan?
Bagaimana cara mengatasinya?
Andai sobat merupakan seorang anak konglomerat ataupun anggota DPR maka saya sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasang ground pada instalasi listrik di rumah. Harganya biasa berkisar 2-8 juta Rupiah bergantung pada kebutuhan. Akan tetapi andai sobat tak seberuntung anak konglomerat ataupun anggota DPR, maka saya punya tidak banyak saran agar masalah ini mampu terselesaikan. Yakni, membuat grounding khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk casing komputer saja. Biayanya? Tak butuh biaya pun mampu, bahan-bahannya bisa kita temukan yang dengannya gampang.
Cara Agar Casing Komputer Tak Menyetrum
1. Persiapkan kabel serta potongan besi panjang sesuai kebutuhan. Dalam hal ini disarankan mempergunakan kabel yng agak tebal agar lebih awet, lantas panjang besi setidaknya 1 meter
2. Tempelkan tembaga kabel pada casing komputer, entah itu mempergunakan baut, solder, maupun solatip. Yng terpenting menempel pada casing komputer.
Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum
3. Lantas di satu ujung kabel, tempelkan ke besi panjang lalu tancapkan besi ke tanah yng lembap
Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum
Grounding simpel ini bisa bekerja layaknya grounding yng dipasang oleh PLN. Akan tetapi grounding ini langsung bagi atau bisa juga dikatakan untuk casing komputer saja, sedangkan perangkat elektronik lain pun tetap teraliri listrik, misalnya bagian samping lemari pendingin.
Kenapa ditancapkan ke tanah?
Kita tahu tanah mempunyai dimensi yng luas serta pada dan lembap. Kondisi yang telah di sebutkan cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk lokasi pembuangan arus listrik yng tak terpakai. Lalu kemana nantinya listrik dari casing sesudah dialirkan ke tanah? Menghilang! Listrik yang telah di sebutkan akan berbaur serta semakin lama tegangannya semakin lemah serta habis. Jangan hingga sobat berpikiran bahwasanya listrik yang telah di sebutkan akan berkumpul serta menjadi satu daya listrik yng besar, hehehe... Akan tetapi andai tak ingin di tanah, sobat mampu mempergunakan media tembok. Namun ingat! Jangan hingga menembus tembok di sisi lain.
Cara ini terlalu repot! Ada yng lain?
Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum
Ada! Namun dalam hal ini sobat Perlu mengeluarkan tidak banyak uang. Sobat bisa membeli alat bernama grounding kit yng bisa langsung sobat pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuang sirkulasi listrik casing ke tanah. Sesudah saya mencari banyak sekali berita mengenai harga alat ini, tidak sedikit yng menjual yang dengannya harga dibawah 150 ribu. Akan tetapi beberapa ada yng menjual sampai-sampai 500 ribu. Pastinya yang dengannya kualitas yng berbeda dibanding yang dengannya harga standar.
Tips dari Saya
Selain yang dengannya memasang grounding, ada cara simpel agar kita tak tersengat sirkulasi listrik disaat memegang casing komputer, yakni dalam keadaan mati yakni yang dengannya mempergunakan alas kaki dari bahan karet ataupun kain tebal. Alas yang telah di sebutkan berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menahan listrik agar tak mengalir ke lantai. Andai tak mempergunakan alas, maka listrik akan mengalir ke lantai serta tubuh sobat akan menjadi penghantar listrik. Tentu saja rasa kaget era tersengat listrik akan dirasakan.
Cukup ini yng mampu saya jelaskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sobat, mudah-mudahan memberikan manfaat!!

Berlangganan Tulisan atau artikel Via Email




Source Articles & Image : www.cronosal.web.id

Seputar Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Agar Casing Komputer Tidak Menyetrum