Cara Mengganti Thermal Paste Processor

- 2/19/2017 08:40:00 PM

Cara Mengganti Thermal Paste Processor

 
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
CRONOSAL-Di artikel ini saya memberikan tutor bagi atau bisa juga dikatakan untuk hardware komputer, lebih spesifik lagi mengenai processor. Processor ataupun Suka disebut pun menjdai CPU merupakan sebuah chip (IC) yng berfungsi mengontrol seluruh kinerja komputer. Letaknya menempel di socket motherboard serta ukurannya salah satunya kecil andai dibandingkan yang dengannya komponen lain contohnya RAM.
Processor bisa menghasilkan panas
Makin berat serta lama bekerja, maka suhu processor akan terus meningkat menjdai konsekuensi atas kinerjanya. Setiap vendor processor mempunyai batas maksimal temperatur yng masih diperbolehkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk processor. Andai processor terasa cepat panas serta yang dengannya suhu yng tak sewajarnya, maka satu dari sekian banyaknya langkah yng wajib sobat ikuti merupakan mengganti thermal paste processor.
Apa itu thermal paste processor?
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
Semisal cream namun agak lengket

Thermal paste merupakan pasta khusus yng berfungsi menyalurkan panas dari processor ke aluminium (heatsink) agar panas yang telah di sebutkan bisa dinetralisir oleh kipas processor. Makin baik penghantarnya maka penyaluran panas akan makin optimal serta dampaknya processor tak cepat panas. Tentu saja kinerja bisa lebih baik lagi berkat temperatur yng terkendali.
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
1. Sebelumnya, cabut kabel komputer dari listrik agar tak menyetrum era proses alternatif thermal paste. Buka casing CPU komputer, umumnya diharapkan obeng bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka setiap baut
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
2. Perhatikan heatsink processor, letak processor berada dibawahnya. Sobat Perlu membuka setiap sekrup di pinggir heatsink. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk processor Intel umumnya terdapat 4 sekrup yng mampu dibuka yang dengannya tangan kosong. Cukup putar lalu tarik masing-masing sekrup
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
3. Angkat heatsink secara perlahan lantas sobat akan melihat processor beserta thermal paste yng lama. Bersihkan thermal paste yng lama mempergunakan kain bersih yng telah diberi tidak banyak alkohol (bukan minuman alkohol)
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
4. Jangan tidak ingat, bagian bawah heatsink yng menempel pada processor pun Perlu dibersihkan dari sisa thermal paste lama. Tetap percis, genakan kain bersih yng telah diberi alkohol. Andai ada debu yng menempel, sebaiknya dibersihkan pun (gak butuh pakai alkohol)
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
5. Oleskan thermal paste baru di processor. AWAS!! Jangan hingga keluar dari daerah processor lantaran mampu memicu kerusakan. Cukup tambahkan tidak banyak di bagian tengah
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
6. Pasang kembali heatsink yang dengannya perlahan menjadikan thermal paste yng ada pada processor bisa menempel yang dengannya heatsink
7. Operasikan komputer serta saat ini processor menjadi lebih dingin
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
Kapan sebaiknya mengganti thermal paste?
Sebetulnya ini bergantung dari penggunaan sobat. Makin Suka dipakai maka makin cepat Perlu diganti. Umumnya berkisar 6-12 bulan diganti sekali. Akan tetapi ada pun sebagian yng mampu bertahan sampai-sampai 3 tahun. Itu mampu lantaran kualitas processor, thermal paste yng dipakai, serta total waktu penggunaan. Intinya Perlu tunggu hingga terasa lebih panas barulah sobat mendapatkan sinyal bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganti thermal paste.
Merk thermal paste yng tidak jelek alias bagus?
Cara Mengganti Thermal Paste Processor
DeepCool Z3 satu dari sekian banyaknya yng saya genakan, harga sekitar Rp 35.000
Ada puluhan merk thermal paste yng tersebar di dunia ini. Saya tak tahu tidak sedikit, akan tetapi DeepCool, Cooler Master, Arctic, serta Noctua merupakan beberapa yng mempunyai reputasi baik. Berbanding lurus yang dengannya kualitasnya, harga ke-4 merk brand yang telah di sebutkan agak tidak murah. Berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 90.000. Umumnya mampu dipakai sampai-sampai 5 kali pemakaian.
Tidak tidak sedikit yng mampu saya jelaskan disini, mungkin lain kali akan saya bahas lebih detil lagi. Cukup itu saja serta mudah-mudahan membantu!
Cara Gampang Mendinginkan CPU Komputer serta Laptop

Berlangganan Tulisan atau artikel Via Email




Source Articles & Image : www.cronosal.web.id

Seputar Cara Mengganti Thermal Paste Processor

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengganti Thermal Paste Processor