Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

- 2/19/2017 02:55:00 AM

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

 
Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?
CRONOSAL - Kemudahan upgrade, pilihan yng bervariasi, dan harga yng cenderung lebih ekonomis membuat sebagian besar orang memilih PC rakitan ketimbang versi build-up (pabrikan). Well, isu terkini ini pada awal mulanya cuma dianut oleh sebagian orang yng dinilai ahli dalam perakitan komponen elektronik. You know, dulu dibutuhkan sebuah solder bagi atau bisa juga dikatakan untuk merakit komputer.
So, bagaimana yang dengannya saat ini? Kebanykan komponen saat ini mempunyai slot yng sifatnya universal atau juga bisa cocok yang dengannya seluruh perangkat.
Meski demikian, bagi orang yng akan merakit PC yang dengannya spesifikasi gaming, mungkin akan menjadi dilema disaat melihat varian Rig akan tetapi di sisi lain dompet Amat 'langsing'.
"Pilih i5 atau i7"
"Pilih R9 atau GTX"
"Team Elite atau Corsair"
Belum lagi beberapa hardware input lain semisal keyboard serta mouse. Kamu yng mempunyai budget dibatasi pasti akan dipusingkan yang dengannya hal yang telah di sebutkan. Keinginan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencapai gelar PC gaming terasa semakin membingunkan.
Namun, sebaiknya Kamu jangan gundah dulu.
Bicara soal gaming maka yng butuh dimaksimalkan merupakan "jeroan" komputer.
Komponen lain semisal keyboard, mouse, monitor, speaker, headphone, joystick, serta lain-lainnya bisa dikesampingkan berlebi dahulu.
Lalu apa saja komponen komputer gaming yng menjadi prioritas utama?

Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yng Diutamakan?


1. Power Supply
Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?
Lho kok power supply?
Andai kita analogikan, power supply ataupun PSU berperan menjdai jantung komputer. Bagian ini yng menyalurkan arus listrik ke aneka macam komponen.
Lalu apa hubungannya percis PC gaming?
PC gaming memerlukan hardware mempunyai kualitas tinggi. Kamu tak mungkin mempergunakan VGA Onboard bagi atau bisa juga dikatakan untuk memainkan permainan AAA. Kamu butuh VG Card yng telah tentu butuh asupan listrik yng lebih tinggi.
Yang dengannya demikian PSU kualitas standar tak akan sanggup menangani permintaan energi yng cukup tinggi. Di sisi lain, arus yng tak stabil bisa berdampak tidak baik bagi hardware itu sendiri, biasanya lebih cepat rusak.
Andaikata seorang binaragawan yang dengannya otot bak Hulk namun jantungnya (PSU) lemah, gak bakal mampu lari jauh!
Harga PSU pure bagi atau bisa juga dikatakan untuk era ini berkisar 400-500 ribu Rupiah. Itu telah tergolong baik, akan tetapi saya merekomendasikan memakai PSU yang dengannya harga berkisar 1 juta Rupiah, watt tinggi, dan pure pastinya.
2. Processor
Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?
Processor ini merupakan otaknya komputer. Makin "cerdas" suatu processor maka kemampuannya akan lebih tinggi.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk era ini processor yang dengannya kasta tertinggi yng bisa dijangkau masyarakat umum merupakan seri i7 dari Intel yang dengannya 4 core yng dijamin mampu tahan terhadap aneka macam jenis permainan AAA era ini.
Semisal permainan yng terkenal menguras processor merupakan GTA V. Walaupun telah dikatakan playable bagi atau bisa juga dikatakan untuk i3 akan tetapi tidak sedikit yng merekomendasikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan i5 ataupun i7 lantaran frame ratenya lebih besar.
Harga dari Intel i7 Skylake berkisar 4jutaan. Akan tetapi bagi Kamu yng ingin harga lebih murah, AMD mampu jadi pilihan. Processor milik AMD dikenal Amat cepat serta harga yng tidak setinggi Intel.

3. RAM
Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?
Secara umum, RAM yang dengannya kapasitas tinggi bisa menunjang kebutuhan gaming yng cenderung Amat rakus kapasitas. RAM bisa dikatakan cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk PC gaming andaikan mempunyai kapasitas serta kecepatan yng tinggi, pun jenisnya.
Jenis RAM era ini yng ternama merupakan DDR3, sesudah sebelumnya DDR serta DDR2 mulai ditinggalkan. Akan tetapi tahun 2014 lalu, DDR4 mulai diperkenalkan tentunya memperlihatkan kecepatan yng lebih tinggi serta konsumsi daya yng lebih rendah.
DDR 4 terang lebih tidak murah, namun sampai-sampai era ini DDR3 masih playable bagi atau bisa juga dikatakan untuk game-game kelas atas. Harganya pun cukup terjangkau, Kamu mampu memperoleh 2x4GB DDR3 yang dengannya kisaran harga 700ribuan.
Ada fakta menarik yng Perlu sobat ketahui, kapasitas RAM yng besar bisa mendongkrak frame rate. Berikut video percobaannya:

4. Graphics Card
Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?
Ini dia komponen yng paling menarik. Mampu dikatakan VGA card merupakan komponen yng paling tidak murah bagi atau bisa juga dikatakan untuk kategori gaming. Era ini VGA high-end berkisar antara 10-15 juta Rupiah bergantung kualitasnya. Tentu saja masih ada yng lebih tidak murah semisal Nvidia Quadro Plex 7000 yng harganya di atas 150 juta Rupiah.
Ya, memanglah tidak murah akan tetapi VGA card yang telah di sebutkan dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan multimedia. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk gaming sendiri, Kamu bisa menemukan beragam VGA card yang dengannya spesifikasi fantastis akan tetapi harga yng terjangkau.
Kira-kira bagaimana VGA card yng cocok bagi atau bisa juga dikatakan untuk permainan masa kini?
Lantaran banyaknya merk yang dengannya penawaran yng bermacam-macam, saya fokuskan pada beberapa aspek berikut:
  • Kapasitas: minimal 2GB
  • Jalur data: minimal 128bit
  • Tipe memory: GDDR5
  • DirectX: versi 11 ataupun lebih tinggi
  • Dukungan SLI/Crossfire
Sebetulnya masih tidak sedikit, akan tetapi anggap saja itu yng diutamakan. Dalam pemilihan VGA card, ada tidak sedikit hal yng butuh dipertimbangkan. Saya tak akan membahasnya disini lantaran terlalu panjang, silahkan baca tulisan atau artikel milik JagatReview: Mitos Dalam Memilih VGA Gaming.

Cukup itu saja!
Seluruh komponen yng saya sebutkan di atas mempunyai versi yng mampu dioverclock. Ini berguna ada mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kemampuan hardware sesuai batas yng dibutuhkan.
Sebetulnya tulisan atau artikel ini terlalu singkat, malah Amat singkat!
Saya tak membahas bagaimana hubungan keempat komponen yang telah di sebutkan. Saya pun tak membahas motherboard, HDD, input monitor, pendingin, casing serta bagian lain :p
Terang hal yang telah di sebutkan akan memakan waktu yng Amat panjang andaikan saya jelaskan disini. Misalnya saja hubungan antara RAM serta processor, mengenai kemampuan processor dalam mengimbangi kecepatan RAM.
Belum lagi adanya mungkin bottleneck andaikan hardware satu yang dengannya lain-lainnya tak seimbang. Ataupun disaat casing terlalu kecil bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran motherboard Extended ATX.
Terus gimana mengatasi permasalahan yng mungkin muncul?
Mau tak mau Kamu Perlu rajin mencari rujukan, membaca review, serta berkonsultasi yang dengannya orang-orang yng telah profesional.
Jadi, di akhir kata...
Selamat merakit PC gaming...
Tulisan atau artikel yng mungkin masih berhubungan:
  • 5 Tips Membeli Komputer Rakitan
  • Tips Main Permainan Berat di PC Low End
  • Mau Main GTA V? Cek Dulu Apakah Komputer Anda Sanggup Memainkannya

Berlangganan Tulisan atau artikel Via Email




Source Articles & Image : www.cronosal.web.id

Seputar Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mau Rakit PC Gaming, Komponen Apa Saja yang Diutamakan?