Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap

- 2/25/2017 06:40:00 PM

Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap

 

Pengertian VGA Card serta Fungsinya Lengkap - Update postingan di artikel ini masih mengenai wacana perangkat keras komputer, mudah-mudahan kelak mampu berguna. Sebelumnya kita uda mengulas mengenai fungsi lan card yng mempunyai fungsi lebih-lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat jaringan antar komputer. LAN card ini umumnya mampu kita genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain permainan multiplayer semisal DOTA 2. Permainan dota 2 ini memerlukan spesifikasi VGA card yng tidak jelek alias bagus agar grafis yng diperoleh mampu maksimal. Nah, mungkin kita masih belum mengerti wacana apa vga card itu? serta apa fungsi vga card? oleh lantaran itu, di artikel ini kita akan mengulas wacana pengertian vga card serta fungsinya lengkap.
VGA card ataupun Virtual Graphics Array dikenal pun yang dengannya sebutan video card, video adapter, display card, display card, graphics card, ataupun display adapter. Kartu VGA ini fungsi utamanya yaitu bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolah serta menerjemahkan output komputer/PC ke layar monitor. Jadi, andai layar monitor tak keluar tampilan, mampu dipastikan satu dari sekian banyaknya penyebabnya merupakan VGA card rusak ataupun pemesangan slotnya tak tepat.
Kartu grafis ataupun Kartu VGA ini mempunyai macam-macam spesifikasi serta merk. Kalau kita hobi yang dengannya gaming misalnya dota, desain grafis, maen permainan online, kita butuh VGA card yang dengannya spesifikasi yng lebih tinggi. Beberapa pecinta permainan umumnya mempergunakan VGA ATI ataupun Nvidia.
pengertian vga card dan fungsinya

Pengertian VGA Card serta Fungsinya Lengkap

Pengertian VGA Card

Pengertian VGA Card ataupun kartu grafis merupakan suatu perangkat keras komputer yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolah serta menerjemahkan data grafis komputer menuju ke layar monitor. VGA card ini mempunyai Graphics Processing Unit (GPU) menjdai procesor serta pun butuh memory. Pada biasanya kartu grafis ataupun VGA card ini mampu dianggap menjdai komponen yng penting, serta pun mampu dianggap komponen yng tak penting. Hal ini bergantung dari kebutuhan pemakain komputer masing-masing. Fungsi VGA Card dianggap tak penting lantaran umumnya telah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), menjadikan andai pemakain komputer cuma mempergunakan komputernya bagi atau bisa juga dikatakan untuk aktifitas multitasking semisal microsoft office, ataupun browsing, maka tak butuh mempergunakan VGA card yang dengannya spesifikasi tinggi. Akan tetapi, andai pemakain komputer mempergunakannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan gaming serta grafis yng memerlukan tampilan grafis yng tinggi, maka wajib hukumnya mempergunakan VGA Card ini, mampu pakai model ATI ataupun Nvidia.

Jenis Jenis Jenis VGA Card

Jenis VGA Card Didasari Memori

Jenis VGA Card ataupun kartu VGA didasari pembagian terstruktur mengenai memori yng dipakai ini dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu : 1. Dynamic RAM (DRAM)
fungsi vga card dram VGA Card DRAM ini umumnya dipakai oleh komputer yang dengannya spesifikasi umum yng tak terlalu mementingkan kecepatan tinggi serta pilihan warna yng tidak sedikit. Kecepatan DRAM ini umumnya 80ns/70ns yng ditanamkan pada kartu VGA 8 bit, 16 bit ataupun 32 bit. 2. EDO RAM
fungsi VGA Card EDO RAM VGA Card EDO RAM ini umumnya dipakai pada komputer yang dengannya kartu grafik 64 bit. EDO RAM mempunyai kecepatan 60ns-35ns yng ditanamkan pada VGA Card winfast s280/2600 3D, Diamond Stealth 2000 3D, ATi Mach 64 serta lain-lain. 3. SGRAM (VRAM)
fungsi vga card sgram VGA Card Synchronous Graphic RAM (SGRAM) ini umumnya dipakai oleh komputer yang dengannya kartu grafis berkelas tinggi, misalnya komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk 3D accelerator. Kecepatan SGRAM ini tidak lebih dari 10ns, menjadikan tidak sedikit dipakai pada VGA Card misalnya Matrox MGA Millenium, Matrox Mystique 3D, Diamond Stealth II s220, Diamond Viper, ASUS 3D Explorer, TAI Rage II 3D Pro serta lain-lain. 4. RAMBUS
fungsi VGA Card RAMBUS VGA Card RAMBUS ini umumnya dipakai pada mesin-mesin video permainan semisal Nitendo ataupun Sega. Jadi, kartu grafis ini cuma di produksi dibatasi oleh Creative Labs semisal MA-302, MA-332 Graphic Blaster 3D serta Graphic Blaster xXtreme.

Jenis VGA Card Didasari Bentuk Fisiknya

Jenis VGA Card didasari bentuk fisiknya ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu :
1. VGA Card ISA (1981 ISA 8 bit, 1984 ISA 16 bit)
VGA Card ISA VGA Card ataupun kartu VGA ISA ini adalah jenis VGA Card lama yng pemasangan slotnya pada ekspandi ISA (Industry Standart Architecture) bus pada komputer yng mempergunakan system 8 biat ataupun 16 bit. Kartu VGA jenis ini telah tak dipakai lagi pada zaman saat ini, lantaran VGA ISA ini dikenal mempunyai kecepatan transfer data grafis yng lambat serta kombinasi warna yng dibatasi.
2. VGA Card EISA (1988 EISA 32 bit)
VGA Card eISA VGA Card ataupun kartu VGA EISA ini adalah jenis VGA yng lama pun yang dengannya pemasangan slot pada ekspansi EISA (Extended Industry Standart Architecture ) pada komputer 32 bit. Kartu VGA ini percis yang dengannya model VGA ISA telah tak pernah dipakai lagi karen kualitas transfer data, kehalusan gambar serta kombinasi warna yng tidak lebih maksimal.
3. VGA Card PCI (1993 32 bit serta 64 bit)
VGA Card PCI VGA Card ataupun kartu VGA PCI ini adalah jenis VGA yng dipasang pada slot PCI (Peripheral Component Interconnect) bus pada komputer 32 bit serta 64 bit. VGA Card PCI saat ini ini mungkin telah jarang dipakai, namun kemungkinannya masih ada yng memakainya pada komputer pentium ataupun dual core.
4. VGA Card AGP
VGA Card AGP VGA Card ataupun kartu VGA AGP ini adalah jenis VGA card yng dipasang pada slot AGP (Accelerate Graphics Port) komputer 128 bit ataupun 256 bit. Kartu VGA AGP ini cuma mampu dipasangkan andai pada motherboard telah ada slot AGP, menjadikan VGA AGP ini mampu maksimal bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan transfer data grafis dari CPU ke monitor. Jenis VGA Card AGP didasari nilai volatasenya :
  • AGP 1x serta AGP 2x : Tegangan 3,3 Volt
  • AGP 4x serta AGP 8x : Tegangan 1,5 Volt
  • AGP Universal
  • AGP Pro Universal : Tegangan 1,5 Volt serta 3,3 Volt
5. VGA Card PCIe (2004 PCIe) VGA Card PCIe VGA Card ataupun kartu VGA PCIe ini adalah jenis VGA Card yng dipasangkan pasa slot PCIe (Peripheral Component Interconnect Express) komputer yng berangkaian seri system I/O-nya (PCIe 1x, PCIe 4x, PCIe 8x, serta PCIe 16x). VGA PCIe ini mempunyai kecepatan transfer mencapai 32GB/s menjadikan salah satunya perangkat teknologi mutakhir yng dipasang bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat interface saat ini ini.

Fungsi VGA Card pada Komputer / PC

Fungsi VGA Card pada komputer yng utama merupakan mengolah serta menerjemahkan data grafis ataupun sinyal digital pada komputer menuju layar monitor dalam bentuk tampilan grafik. Pada komputer standart terpadat VGA onboard yng cuma mampu membantu tampilan standart, akan tetapi andai kamu pecinta permainan ataupun desain 3D, kamu memerlukan VGA card yang dengannya spesifikasi yng lebih unggu misalnya ATI ataupun Nvidia agar tampilan grafiknya lebih tidak jelek alias bagus (baca : laptop asus core i3 vga nvidia). Pada biasanya komputer yng mempunyai VGA card yng memorinya besar mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk :
fungsi vga card pada komputer
  1. Membuat tampilan grafik dalam bermain permainan semisal dota ataupun Permainan PC lain-lainnya menjadi lebih terperinci serta cepat.
  2. Membuat tampilan komputer lebih jernih, terperinci serta tajam.
  3. Mampu melakukan setting pada Graphics option windows
  4. Membuat tampilan kombinasi warna, grafis, serta kecepatan transfer grafis menjadi lebih tidak jelek alias bagus.
Demikianlah analisis tulisan atau artikel mengenai pengertian vga card serta fungsinya lengkap disertai yang dengannya jenis-jenis VGA card. Saran saya bagi kamu yng mempunyai budget uang serta pecinta permainan ataupun desain 3D mampu membeli VGA card yng mempunyai spesifikasi tinggi, pada biasanya mampu VGA Nvidia ataupun ATI serries. Penggunaan VGA Card ini memanglah terbukti mampu menampilan tampilan grafis yng lebih cepat serta nyata, akan tetapi kamu Perlu membelinya andai ingin mempunyai tampilan semisal itu. Mudah-mudahan berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk belajar kompute kamu serta terima beri. Source : https://id.wikipedia.org/wiki/VGA

Seputar Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian VGA Card dan Fungsinya Lengkap