Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap

- 3/12/2017 02:40:00 PM

Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap

 

Pengertian LAN Card serta Fungsinya Lengkap - update tulisan atau artikel di artikel ini masih mengulas perihal pengertian serta fungsi hardware yng ada pada komputer. Ramai sekali hardware yng ada pada komputer serta butuh kita pelajari seksama agar nantinya disaat ada masalah hardware kita mampu melakukan tindakan yang dengannya segera. Sebelumnya, saya telah mengulas mengenai pengertian sound card serta fungsinya lengkap, serta saat ini ini kita akan mengulas mengenai pengertian LAN card serta fungsinya lengkap.
LAN card ataupun dikenal yang dengannya kartu jaringan adalah satu dari sekian banyaknya perangkat komputer yng umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan jaringan antar komputer. Umumnya kalau di kampus dulu saya sendiri Suka mempergunakan LAN bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain Dota 2 bersama sahabat-sahabat. Jadi, mungkin kamu pun pernah mempergunakan jaringan LAN bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain game-game multiplayer.
pengertian lan card dan fungsinya lengkap
Gambar 1. Banyak sekali Jenis LAN Card/NIC

Pengertian LAN Card (Network Interface Card (NIC) ataupun Ethernet Card ataupun kartu jaringan)

Pengertian LAN card merupakan suatu perangkat keras komputer yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan antar komputer melalui jaringan komputer ataupun umumnya disebut LAN. Local Area Network ataupun LAN merupakan jaringan komputer lokal ataupun dibatasi yng cuma mencakup wilayah-wilayah tertentu ataupun dibatasi misalnya suatu jaringan komputer di gazebo yng dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk maen permainan dota, jaringan komputer di kantor tata bisnis sekolah ataupun kampus, di hotel, warnet serta aneka macam tempat lain-lainnya. LAN card mempunyai bentuk memanjang persegi panjang serta ada 1 port yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencolokkan kabel LAN. Mempunyai bentuk socket pin kuningan emas yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan pada motherboard.

Jenis LAN Card (Network Interface Card (NIC) ataupun Ethernet Card ataupun kartu jaringan)

jenis lan card lengkap
Gambar 2. Jenis LAN Card

Jenis LAN Card Didasari Sifatnya

Jenis LAN card ataupun Network Interface Card (NIC) didasari sifatnya dibagi menjadi 2 yaitu NIC yng bersifat fisik serta NIC yng bersifat masuk akal.
1. LAN Card ataupun NIC yng Bersifat Fisik
NIC yng bersifat fisik ini pada biasanya LAN card yng umumnya mampu ditancapkan ataupun dipasang pada slot motherboard/mainboard komputer. LAN Card/kartu jaringan yng mampu dipasang pada motherboard ini mampu onboard ataupun eksternal. Secara onboard LAN card dipasang pada BUS PCI, MCA ataupun PCIE, sedangkan secara eksternal dipasang melalui port BUS USB, Pararel, PCMCIA, Serial, serta Express card menjadikan lebih gampang dipakai bila aktifitas diluar. 2. LAN Card ataupun NIC yng Bersifat Masuk akal
NIC yng bersifat masuk akal pada biasanya NIC yng mempunyai nomor alamat ataupun MAC Address yng mampu bersifat statis ataupun dinamis (bisa diubah oleh pemakain). Semisal NIC bersifat masuk akal yaitu Loop Back adapter, dialup adapter ataupun network adapter.

Jenis LAN Card Didasari Pemasangannya

LAN card ataupun kartu jaringan seiring yang dengannya perkembanga teknologi mengalami tidak sedikit perubahan. LAN card kabel adalah satu dari sekian banyaknya model koneksi yng mampu disebut paling lama serta hingga saat ini ini masih tidak sedikit dipakai diberbagai tempat khususnya di Indonesia. Koneksi LAN card mempergunakan kabel ini mempunyai keunggulan harga yng lebih ekonomis serta pemasangannya yng cukup gampang. Jenis LAN card didasari pemasangannya yaitu :
1. LAN Card ISA
lan card isa LAN card ISA merupakan jenis LAN card yng pertama kali didapati serta diproduksi oleh perusahaan IT terkemuka. LAN card ISA mempunyai slot berwarna hitam serta output connector BNC ataupun RJ 45.
2. LAN Card PCI
lan card pci
LAN card PCI merupakan jenis LAN card generasi penerus LAN card ISA yng diproduksi kisaran tahun 1992 malah hingga era ini masih tidak sedikit dipakai yng pemasangannya langsung pada motherboard (onboard).
3. LAN Card USB
lan card usb LAN card USB merupakan jenis LAN card generasi terkini yng menjadi alternatif LAN card PCI, LAN card USB penggunaannya mampu lepas pasang, jadi andai diharapkan mampu dipasang, akan tetapi andai tak diharapkan mampu dilepas.
4. LAN Card yang dengannya Koneksi Wireless
lan card wireless LAN card yang dengannya koneksi wireless ini mampu dipakai tanpa memakai kabel serta ini umumnya penggunaanya melalui port USB wirelless.
5. LAN Card PCMCIA
lan card pcmcia LAN card PCMCIA merupakan kartu jaringan yng dipakai pada laptop yang dengannya slot cardbus yng berada dalam laptop/notebook.

Fungsi LAN Card pada Biasanya

Fungsi LAN card pada biasanya ini Amat tidak sedikit, akan tetapi fungsi utamanya yaitu menyambungkan jaringan koneksi antar komputer/PC ataupun laptop dalam satu tempat. Yang akan di sajikan kali ini fungsi LAN card pada biasanya : 1. LAN card berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain permainan multiplayer (sesama PC/laptop) LAN card ini mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk bermain permainan multiplayer semisal Dota 2 ataupun lain-lainnya. Cuma butuh beberapa tahap bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensetting LAN ataupun local area network bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai bersama yang dengannya sahabat kamu. 2. LAN card berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk komunikasi dalam satu area LAN card ini mampu dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sarana komunikasi ataupun chat bersama dalam satu local area. Hal ini Amat membantu kelancaran suatu perusahaan ataupun instansi dalam mempercepat komunikasi pelayanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pekerjaannya. 3. LAN card berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagi koneksi jaringan internet LAN card ini mampu membagi koneksi jaringan internet dalam satu area menjadi beberapa bagian. Umumnya ini di lakukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagi jaringan internet yng bagi atau bisa juga dikatakan untuk umum ataupun khusus. Contohnya pada area kampus, jaringan internet pada kantor dosen ataupun yang dengannya jaringan umum diluar kantor mempunyai akses kecepatan internet yng berbeda. Hal umumnya di dalam kantor komputer dosen mempergunakan kabel LAN bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses internet, sedangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk area luar cuma mempergunakan wifi. 4. LAN card berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu file sharing sesama jaringan LAN card ini pun mampu membantu menyalin file antar semasa komputer yng terhubung yang dengannya jaringan LAN yng sudah dibuat. Selain itu pun mampu membantu melakukan printing tanpa mempergunakan kabel serta cuma memakai jaringan LAN saja. 5. LAN card berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk jaringan internet pada warnet LAN card mampu dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat system jaringan internet, hal ini umumnya butuh bantuan ahli ataupun kamu sendiri mampu mensetting server serta LAN bagi atau bisa juga dikatakan untuk akses seluruh komputer warnet. Fungsi LAN disini Amat penting bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaktifkan jaringan internet pada seluruh komputer yang dengannya mempergunakan 1 server saja. Demikianlah analisis tulisan atau artikel perihal pengertian LAN card serta fungsinya lengkap yang dengannya aneka macam jenisnya didasari sifat serta cara pemasangannya. Mudah-mudahan mampu membantu kamu dalam belajar komputer khususnya perihal jaringan komputer. Terima beri

Seputar Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian LAN Card dan Fungsinya Lengkap