Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

- 3/09/2017 08:35:00 PM

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

 

Pengertian Router serta Fungsinya Lengkap - Andai kamu menggeluti dunia komputer jaringan, maka kamu pasti Suka mendengar ihwal TCP/IP, Hub, Switch, Bridge serta router. Dulu waktu zaman sekolah Suka mendapatkan pertanyaan di buku LKS mengenai hal yang telah di sebutkan, di antaranya yng akan kita ulas yaitu ihwal router. Apa fungsi router? Jelaskan fungsi router? serta apa sih pengertian router?. Beranjak dari pertanyaan yang telah di sebutkan, dulu waktu sekolah tidak sedikit buku tatacara yng mampu dipakai menjdai rujukan, jadi yang dengannya gampang menjawab ihwal fungsi, pengertian serta cara kerja ihwal router. Nah, lantaran saat ini zaman telah mulai go online, tak salahnya saya berupaya mengulas melalui blog simpel ini.
Router merupakan suatu alat yng ibaratnya perantara, jadi si router ini bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguhubungkan beberapa jaringan/network, baik itu jaringan yng percis ataupun jaringan yng berbeda dari segi teknologinya lantaran alat yng berbeda contohnya topologi bus, star, ataupun ring. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih detilnya, mari simak analisis pengertian router serta fungsinya lengkap dibawah ini.

Pengertian Router serta Fungsinya Lengkap

pengertian router dan fungsinya lengkap
Gambar Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian router merupakan suatu perangkat luar komputer ataupun alat yng mengirimkan paket data melalui jaringan internet menuju perangkat lain ataupun tujuannya mempergunakan proses yng dinamakan routing. Routing merupakan proses yng terlaksana era pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yng lain-lainnya yng terlaksana melalui 3 lapisan(jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Fungsi router merupakan menghubungkan 2 jaringan ataupun lebih bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalurkan data berita dari jaringan satu ke jaringan lain-lainnya. Dalam proses penyaluran sinyal data berita tadi, perangkat baik yng mendapatkan ataupun yng mengirim Perlu terkoneksi yang dengannya internet. Fungsi utama dari router sendiri yaitu menjdai pembagi ataupun penyalur IP address secara stastis ataupun memakai DHCP (baca pun : fungsi dhcp) kepada seluruh perangkat komputer ataupun laptop yng terhubung pada perangkat router tadi. Sesudah fungsi dari router tadi berjalan, maka setiap komputer yng terhubung mempunyai IP address yng unik menjadikan bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan browsing, setting LAN serta internetan. Penggunaan router sendiri paling Suka kita jumpai pada warnet, perkantoran, administrasi sekolah, perhotelan serta banyak sekali bisnis ataupun tempat yng mempergunakan fasilitas layanan internet. Teknologi router sendiri saat ini ini telah lebih modern serta canggih yang dengannya adanya fungsi wireless. Yang dengannya kelebihan ini, setiap perangkat ataupun gadget yng mampu menangkap sinyal gelombang radio, bisa mendapatkan gelombang radio yng dipancarkan router menjadikan kamu mampu langsung terhubung yang dengannya internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan komputer secara umum terbagi menjadi 2 jenis :
  1. Router statis merupakan router yng di setting manual oleh administrator menjadikan mempunyai tabel routing statis
  2. Router dinamis merupakan router yng memiliki serta membuat tabel routing dinamis yang dengannya melihat sinyal lalu lintas jaringan serta saling terhubung yang dengannya router yng lain-lainnya.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini dinamakan routing yng mempunyai kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirimkan data ataupun berita sesuai rute perjalanan menuju host baik dari sesama network ataupun berbeda network. Logikanya simpel, andai data/berita ditujukan pada host di network lain, maka router akan menjalankan ke network yang telah di sebutkan. Akan tetapi, andai data/berita ditujukan pada host dalam satu network, maka router akan memperhalang data/berita itu keluar dari network. Dibawah ini ada ilustari cara kerja router dalam komputer jaringan
cara kerja router dalam komputer jaringan
Gambar Ilustrasi Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer
Cara Kerja Router didasari gambar ilustrasi di atas :
  1. Ada 2 buah network yng terhubung yang dengannya 1 router.
  2. Network sebelah kiri terhubung ke port 1 router = 192.168.1.0, sedangkan network sebelah kanan terhubung ke port 2 router = 192.155.2.0.
  3. Andai komputer B mengirim data ke komputer C, maka router tak akan mengirimkan data yang telah di sebutkan k network lain. Percis yang dengannya andai komputer E mengirimkan data ke komputer F serta banyak sekali pola dalam satu network.
  4. Akan tetapi, andai komputer E mengirimkan data ke komputer B, maka router akan mengirimkan data yang telah di sebutkan ke komputer B melalui jaringan lain (network 2 menuju network 1)
Didasari uraian penjelasan serta gambar diatas, kamu pasti telah memahami alur dari pengertian router, fungsi serta cara kerjanya. Nah, saat ini tinggal kamu berupaya mempraktekkan ataupun memahaminya. Demikian tulisan atau artikel ihwal pengertian router serta fungsinya lengkap yang dengannya model cara kerjanya. Mudah-mudahan mampu menambah wawasan kamu ihwal jaringan komputer. Ingin lebih tahu mengenai komputer jaringan? Kamu mampu membaca related post tulisan atau artikel dibawah. Terima beri

Seputar Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap