Pengertian DNS Server dan Fungsinya Lengkap

- 12/29/2016 02:20:00 PM

Pengertian DNS Server dan Fungsinya Lengkap

 

Pengertian DNS server serta fungsinya - Dalam perkembangan dunia teknologi jaringan ataupun internet saat ini ini ada yng namanya Domain Name System disingkat DNS. DNS ini secara tak langsung sudah membantu tidak sedikit orang disaat orang-orang berselancar di internet baik itu bagi atau bisa juga dikatakan untuk browsing, kirim email, web server, dsb yng menterjemahkan domain ke dalam IP address. Ibaratnya sebuah buku tatacara telepon disaat kita mencari nama orang bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubunginya, lantas menemukan nomor telepon serta menekan nomornya baru tersambung ke orangnya. Jadi orang lebih mengenal nama yng akan dihubungi, baru telpon menterjemahkan nomor tadi menuju ke orang yng dihubungi.
DNS server ini berhubungan yang dengannya alamat IP address yng pastinya pun berhubungan yang dengannya DHCP server yng membantu membuat alamat IP secara otomatis (baca: pengertian dhcp serta fungsinya). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya mengenai apa itu DNS server? Apa kegunaan serta fungsi dari DNS? mari kita kupas dibawah ini.
pengertian dns server dan fungsinya

Pengertian DNS Server (Domain Name System)

Apa itu DNS (Domain Name System)?

Pendapat dari beberapa sumber yng kami rangkai merupakan menjdai berikut :
1. Didasari wikipedia indonesia DNS merupakan :
System Penamaan Domain ; SNR (bahasa Inggris: (Domain Name System; DNS) merupakan sebuah system yng menyimpan berita wacana nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap nama host serta mendata setiap server transmisi surat (mail exchange server) yng mendapatkan surel (email) bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap domain. Pendapat dari browser Google Chrome, DNS merupakan layanan jaringan yng menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.
2. DNS merupakan pendistribusian system database yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari "nama" komputer pada jaringan internet yng memakai TCP/IP (penamaan komputer).
3. DNS merupakan sebuah system jaringan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengarahkan nama domain kepada alamat IP address. Berlaku sebaliknya pun dari alamat IP address ke domain.

Apa itu DNS Server?

DNS Server merupakan sebuah system server yng mendapatkan permintaan dari client bagi atau bisa juga dikatakan untuk "mengetahui" alamat IP address yng dipakai oleh sebuah domain. Menjdai misalnya merupakan domain google.com, yang dengannya mempergunakan tool online ipadress.com sukses menemukan serta mengetahui IP address google yaitu 172.217.21.206. Coba lihat gambar dibawah ini :
contoh ip address google,com
Semisal IP address google.com hasil dari pencarian di ipaddress.com

Kegunaan serta Fungsi DNS

Secara umum kegunaan serta fungsi DNS maupun DNS server ini Amat dibutuhkan pada sebuah jaringan internet. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih jelasnya coba lihat penjelasan dibawah ini:
cara kerja dns server

Fungsi DNS Domain Name System


  1. DNS berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menerjemahkan hostname menjadi alamat IP address ataupun menerjemahkan alamat IP address menjadi hostname. Menjdai misalnya tadi hostname google.com yang dengannya alamat ip address 172.217.21.206. Orang lebih suka mengetik google.com daripada ip addressnya pada bar search baik itu di mozila maupun chrome. Hal ini lantaran nama google.com lebih gampang diingat daripada angka ip address.
  2. DNS dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui berita secara lengkap mengenai sebuah hostname yng ada di internet baik itu alamat IP address, alamat lokasi server ataupun hostname, serta waktu yng dipakai.

Fungsi DNS Server

DNS Server berfungsi menjdai sebuah database server yng menyimpan alamat ip address yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penamaan sebuah hostname. Jadi disaat kita mengetik google.com maka DNS server akan menerjemahkan ke alamat ip address serta menghubungkan ke google.com akhirnya tampil google.com pada layar pencarian.

Apakah Kta Mampu Membuat DNS Server?

Mampu. Andai kamu mempergunakan router ataupun modem bagi atau bisa juga dikatakan untuk akses ke jaringan internet, maka kamu mampu membuat DNS server sendiri. Setting pengaturan DNS server ini mampu kamu lakukan pada internet protocol version 4 (TCP/IPv4) properties. Umumnya sebelum melakukan pengaturan kamu butuh menemukan IP address dari LAN yng kamu genakan serta subnet mask. Kita coba genakan IP address 192.168.20.1 serta subnet mask 255.255.255.0 cara membuat dns server sendiri Lalu klik advance - pilih DNS - Klik Add - Ketikkan 192.168.20.1 - tampilan dibawah ini : Sesudah selesai klik OK. Andai seluruh telah di lakukan kita mampu melakukan testing pada laptop lain-lainnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan testing kita pun Perlu setting laptop percis semisal langkah-langkah diatas yaitu mempergunakan IP address 192.168.20.1 subnet mask 255.255.255.0 gateway 192.168.20.1 DNS 192.168.20.1. Sesudah semuanya di setting, coba lakukan browsing di internet yang dengannya mengetikkan google.com dsb. Andai muncul tampilan google.com serta yng lain-lainnya, maka DNS bekerja yang dengannya baik. Nah, mungkin dirasa cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk penjelasan mengenai pengertian DNS serta fungsinya lengkap dan beberapa tatacara jaringan cara membuat DNS server sendiri. Mudah-mudahan berita ini memberikan manfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambah wawasan kamu mengenai jaringan komputer. Terima beri sudah berkunjung di blog ini.

Seputar Pengertian DNS Server dan Fungsinya Lengkap

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian DNS Server dan Fungsinya Lengkap