Cara Memperbaiki MicroSD Yang Rusak dan Penyebabnya

- 2/24/2017 07:00:00 PM

Cara Memperbaiki MicroSD Yang Rusak dan Penyebabnya

 

Tatacara tips di artikel ini dari saya mengenai cara memperbaiki microsd yng rusak yang dengannya beberapa cara. Kerusakan microsd pada biasanya jarang diketahui penyebabnya oleh si pemilik. Terkadang orang-orang tak menyadari, lantaran microsd adalah media penyimpanan tambahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk smartphone ataupun media lain-lainnya yng umumnya menjdai nomor 2. Umumnya penyimpanan utama pada gadget/smarthone itu sendiri, namun kalau telah disetting, penyimpanan data melalui microsd mampu menjadi yng utama.
Rusaknya microsd ataupun kartu memory secara fisik pada biasanya hampir tidak banyak yng mengalami, malah mampu dikatakan nihil. Kerusakan fisik yng dimaksud misalnya microsd patah, di kenai paparan sinar matahari, ataupun di kenai tekanan. Selain lantaran bentuk yng micro/kecil serta umumnya jarang di pindah-pindah (baca:dicabut dari smartphone), maka mungkin terlaksana kerusakan semisal yng dijelaskan diatas Amat minim terlaksana. Oleh lantaran itu, hampir seluruh produsen microsd mampu memberikan garansi lifetime.
Cara Memperbaiki MicroSD Kartu memory yng rusak itu umumnya terlaksana pada system penyimpanannya, baik itu file lagu, video, foto serta gambar-gambar yng tersimpan tak bisa terbaca, tak terdeteksi, ataupun malah error (baca: Memperbaiki flashdisk yng tak terbaca). Bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki microsd yng rusak semisal itu, mungkin kita yng paling utama yaitu menyelamatkan data-datanya berlebi dahulu mampu 100% ataupun cuma sebagian saja. Namun sebelum membahas cara memperbaikinya. Mari kita ulas apa sih penyebab microsd rusak semisal itu.

Penyebab MicroSD yng Rusak, Tak Terbaca, ataupun Error

MicroSD Rusak Lantaran Suka Dicopot-Pasang Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mengalihkan Data
Pemilik microsd yng terlalu Suka mencopot serta memasang ataupun memindah-mindah microsd bagi atau bisa juga dikatakan untuk memindah data bisa memicu kerusakan pada kartu memory. Cara mengatasinya, andai kamu ingin mengalihkan data dari hp ke komputer ataupun sebaliknya, genakan kabel data saja. Lantaran hal ini mampu mengurangi resiko kerusakan pada microsd kamu. Mungkin proses pemindahan data lebih lama, namun hal ini relatif aman.
MicroSD Rusak Lantaran Dicabut Langsung dari HP/Komputer
Mencabut kartu memory langsung dari HP/Card Reader bisa merusak data file yng ada serta microsdnya. Hal ini umumnya yng paling tidak sedikit terlaksana, mungkin lantaran terburu-buru ataupun . Cara mengatasinya, matikan HP kamu dahulu, tunggu 5-10 detik baru cabut microsd dari tempatnya, andai card reader tertancap di komputer, pastikan eject berlebi dahulu sebelum dicabut.
MicroSD Rusak Lantaran Di kenai Cairan (Minyak/Kotoran)
Di kenai kotoran/cairan mampu menghambat HP/card reader bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi/membaca kartu memory. Hal ini terlaksana lantaran kuningan/lempengan pada microsd tertutupi kotoran/minyak. Usahakan memegang kartu memory yang dengannya kondisi tangan yng bersih serta kering.
Dari aneka macam penyebab diatas, kamu Perlu pandai merawat microsd yng kamu punyai. Kebanykan pemilik microsd mengindahkan hal-hal sepele diatas, jadi saya sarankan kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih hati-hati dalam mencabut ataupun membersihkan kartu memory. Akan tetapi, andai memanglah telah telat serta microsd rusak, kamu mampu berupaya cara-cara dibawah ini bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki microsd kamu.

Cara Memperbaiki MicroSD yng Rusak, Error ataupun Tak Terbaca

Cara Memperbaiki MicroSD ke-1 : Bersihkan Lempengan Tembaga

  • Matikan HP berlebi dahulu, tunggu 5-10 detik cabut microsd dari slotnya
  • Siapkan penghapus pensil (warna putih), gosok secara searah lempengan tembaga kuningan pada microsd yang dengannya pelan-pelan hingga bersih. Sesudah digosok, jangan hingga tersentuh jari. Lantas bersihkan pun slot micro sd pada hp/card reader
  • Sesudah selesai, masukkan microsd ke slot memory di hp/card reader. Cek apakah telah terbaca/terdeteksi di hp/komputer.
  • Andai masih belum terbaca, maka coba cara selanjutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-2 : Repair/Format Ulang MicroSD melalui HP

  • Posisi HP android menyala, pilih pengaturan/setting - pilih system - penyimpanan/storage - erase/format SD Card. Berbeda yang dengannya HP blackberry silahkan pilih option - device - storage - Media card storage - klik bbm - pilih repair/format. Andai kamu melakukan repair, maka data yng ada pada memory microsd masih ada, akan tetapi andai melakukan format maka data di microsd akan terhapus.
  • Sesudah selesai silahkan cek data di media, apakah telah terbaca ataupun belum. Kalau di format umumnya akan muncul kapasitas microsd kamu. Andai masih belum, coba cara selanjutnya

Cara Memperbaiki MicroSD ke-3 : Cek error Microsd melalui komputer

  • Siapkan HP+Kabel Data USB, lantas nyalakan komputer/Laptop
  • Colokkan kabel data USB dari HP ke Komputer/Laptop, lantas pilih opsi mass storage mode. Tunggu hingga PC/laptop mendeteksi microsd kita
  • Sesudah terdeteksi, masuk Windows Explore - Pilih Drive yng mendeteksi microsd - Klik kanan - pilih properties - Tools - error checking - centang seluruh - start - tunggu hingga selesai.
cara memperbaiki microsd yang rusak
  • Eject drive hp serta microsd, jangan dicabut langsung kabel data USBnya.
  • lantas cek melalui hp apa telah mampu terbaca ataupun belum

Cara Memperbaiki MicroSD ke-4 : Format microsd melalui komputer

  • Semisal pada cara ke-3, siapkan kabel data usb+HP serta komputer/laptop
  • Lantas colokkan kabel usb ke laptop/pc, andai microsd rusak maka akan ada pesan usb not recognized ataupun tak terdeteksi. Andai tak terdeteksi, mungkin microsd tak mampu terbaca komputer, jadi gak mampu diformat. Namun, andai microsd terbaca komputer, maka akan muncul pop up open file.
  • Andai telah muncul, masuk windows explore - pilih drive microsd - sebelum diformat, pastikan kamu telah mencopy file yng ada didalamnya - lantas pilih drive - klik kanan - format - pilih FAT16 - klik start - tunggu hingga proses selesai
  • Sesudah selesai, kembalikan seluruh file yang dikopi ke dalam drive microsd tadi
  • Eject drive - serta cek di hp apakah telah mampu terbaca ataupun belum.
Cara diatas merupakan cara manual termudah yng mampu di lakukan dini andai microsd kamu rusak, corrupt ataupun error tak terbaca. Andai kamu tak mempunyai kabel usb, kamu mampu genakan card reader ataupun modem yng mempunyai slot microsd. Cara lain-lainnya mampu mempergunakan software yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengformat flashdisk ataupun hardisk, namun yng terpenting drive microsd tadi mampu terbaca komputer/laptop. Lakukan perbaikan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri, andai memanglah masih belum mampu, kamu genakan jasa service hp di konter terdekat. Demikianlah tatacara komputer mengenai cara memperbaiki microsd yng rusak secara manual tanpa software. Andai kamu mempunyai saran ataupun ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki kartu memory yng lebih gampang, mampu kirimkan ke komentar agar kami suting pada tatacara di artikel ini. Terima beri mudah-mudahan mampu berguna bagi atau bisa juga dikatakan untuk kita seluruh, salam IT

Seputar Cara Memperbaiki MicroSD Yang Rusak dan Penyebabnya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Memperbaiki MicroSD Yang Rusak dan Penyebabnya