Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

- 2/17/2017 09:20:00 PM

Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

 

CRONOSAL - Apa yng diharapkan dari Artificial Intelligence yng ditanamkan pada suatu program komputer? Tak lain merupakan membuat mudah pemakain itu sendiri dalam melakukan aktivitasnya. Microsoft yng sejatinya bergelut di dunia komputer tidak ingin ketinggalan musim AI. Lewat system operasi Windows 10, Microsoft pernah sempet membawakan AI cerdas bernama Cortana.
Di sayangkan kebijakan Microsoft sampai-sampai era ini masih menutup akses Cortana bagi Indonesia. Bukan cuma dukungan voice recognition saja, namun pun lantaran bahasanya.
Seorang user di forum WinPoin bernama ZAY menciptakan program yng dirancang mirip semisal Cortana pada Windows 10.
ZAY menyebutnya Kartina, ia pun pernah sempet menyematkan gelar Cortana Indonesia Unofficial Edition.
Well, ZAY secara individu yng merancang Kartina serta dipublikasikan tahap awal pada 29 Desember 2015 lalu.
Jangan berharap Kartina saat ini percis cerdasnya yang dengannya Cortana.
Di awal perkembangannya, Kartina cuma dilengkapi fitur pencarian file, pemutar musik terintegerasi, chat bot response (Amat dibatasi), ensiklopedia kecil, dan ekspresi yng minim.
Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia
Selain itu, pada folder Instalasi Kartina masih terdapat nama-nama Cortana, Cortania, ataupun nama campuran lain-lainnya. Akan tetapi ZAY memastikan semuanya akan diganti sepenuhnya yang dengannya Kartina.
Baca pun: Cara Mengetik yang dengannya Bunyi, 100% Akurat Bahasa Indonesia
Metode input perintah berbentuk teks dalam Bahasa Indonesia. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk era ini Kartina belum mempunyai voice recognition.
Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia
Meski demikian, ZAY menjanjikan kedepannya Kartina akan mempunyai lebih tidak sedikit fitur semisal integerasi browser, office, serta App lain-lainnya.
Baca pun: Mengobrol yang dengannya Robot Wanita, Mau?
Kartina telah dipasangkan ribuan berita berupa pengetahuan yng akan tersaji lewat kata kunci tertentu. Pada thread-nye, ZAY pun menyertakan pembaharuan dan penjelasan umum terkait program cerdas besutannya ini.
Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia
Bukan tanpa kekurangan, di tahap awal pengembangannya, Kartina masih diwarnai beberapa bug yng mengganggu. Terkadang pun ia mengalami masalah era dijalankan. Ditambah lagi, respon yng tak begitu cepat membuat Kartina tidak lebih responsif bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai.
Sobat mampu memberikan feedback berupa dukungan, saran, ataupun lapor bug di thread resmi Kartina. Kartina tersedia gratis bagi atau bisa juga dikatakan untuk PC Windows saja, sobat mampu download disini.
Andai tertarik, sobat pun mampu ikut berkolaborasi mengembangkan Kartina agar semakin sempurna serta nyaman dipakai. Mudah-mudahan saja Kartina mampu menunjukkan eksistensinya yng lebih besar lagi!
Baca pun: Tidak Mampu Jajal Cortana? Tenang, Masih Ada Braina!
NB: Terhubung ke internet jauh lebih baik.

Berlangganan Tulisan atau artikel Via Email




Source Articles & Image : www.cronosal.web.id

Seputar Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Project Kartina, Cortana "versi" Indonesia