Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah

- 1/20/2017 07:00:00 AM

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah

 

CRONOSAL-Permainan yang dengannya latar tempat di pulau terpencil merupakan satu dari sekian banyaknya konsep latar yng paling mainstream di industri gaming. Hampir setiap tahun selalu saja ada developer yng mempergunakan wilayah pulau menjdai aksi-aksi dalam permainan terlaksana. Tidak sedikit permainan horror yng mengadopsi konsep ini lantaran beberapa alasan. Pertama, pulau terpencil menyimpan misteri lantaran eksplorasi yng minim. Kedua, lantaran lokasinya terpencil maka nyaris tak ada pertolongan yng datang andai terlaksana hal negatif. Ketiga, sumber daya Amat dibatasi, malah bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat kendaraan keluar pulau saja sangatlah mustahil.
Terlepas dari ketiga alasan yang telah di sebutkan, sebenarnya bukan cuma permainan horor yng gemar mempergunakan terrain pulau pada proyeknya. Sebut saja pengembang permainan indie bernama Carmen yng menciptakan sebuah produk permainan ringan berjudul Papair.
What is that?
Nama yng cukup asing... Malah disaat saya berupaya menerjemahkannya mempergunakan Google Translate, percis sekali tak terdeteksi apa arti dari kata yang telah di sebutkan. Oke, lupakan soal nama aneh yng dimilikinya. Papair tak sekedar aneh, akan tetapi pun unik. Papair bukanlah permainan horor, ini merupakan permainan adventure yng percis sekali tak memberikan esensi angker.
Dari judul tulisan atau artikel ini, Kamu telah mampu menebak kira-kira faktor apa yng membuat saya memberikan kesimpulan terhadap permainan ini. Kemudian apa yng membuat .... berikut ulasannya.

Papair: Kolaborasi Musik serta Mekanik yng Indah


Merupakan seorang pilot yng Amat terobsesi yang dengannya dunia penerbangan. Ia tak cuma menerbangkan sebuah pesawat, menjelajah benua demi kepuasan semata. Pilot tanpa nama ini meyakini bahwasanya ada sebuah pulau yng mampu terbang. Rasa penasarannya muncul serta membuatnya nekad datang ke pulau yang telah di sebutkan. Tentu dikatakan nekad lantaran pulau ini telah tak dihuni, pulau paling misterius bagi para pilot, kondisi cuaca disana tak mampu diprediksi serta siapapun yng datang kesana nyaris tidak mampu kembali.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Latar belakang cerita disampaikan lewat ilustrasi komik yng simpel

Dalam perjalanannya ke pulau 'melayang', sang pilot mengalami kecelakaan akibat badai hebat menerpa pesawat yng ia kendarai. Ia terjatuh ke pulau yang telah di sebutkan, akan tetapi ia sukses bertahan hidup di pulau yng dikatakan mampu melayang yang telah di sebutkan. Kini ia hidup sendiri, berusaha merancang kembali pesawatnya agar bisa pulang.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
30 tahun sendirian bukanlah waktu yng singkat. Siapapun itu, pasti ingin kembali ke ke hidup-an sosial

Pilot ini telah tak peduli lagi yang dengannya mitos bahwasanya pulau yng sedang ia tinggali yang telah di sebutkan bisa melayang. Ia cuma ingin pulang. Ya, cuma pulang.
Di awal permainan terlihat sang pilot sedang menjajakan blueprint rancangan pesawat yng akan ia terbangkan. Mampu disebut, ini bukanlah rancangan pertama. Kamu mampu melihat beberapa bukti bahwasanya si pilot terus berpikir, menuangkan isi pikirannya lewat goresan pena di buku malah di tembok.
Disaat ia berada di tahap akhir penyelesaian konsep pesawat, secara ajaib blueprint yang telah di sebutkan terpotong 6 bagian serta terbang bagai kupu-kupu, ke seluruh pulau. Ini terperinci memaksakan Kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkelana kesana-kemari cuma mencari potongan kertas. Mengapa si pilot tak ingat rancangannya sendiri? Yng pasti, ini dikarenakan ia telah tua.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Segulungan blueprint berganti menjadi kupu-kupu? Di sayangkan tak ada penjelasan bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertanyaan ini

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Kamu Perlu mencari blueprint yang telah di sebutkan satu per satu serta jangan hingga membuatnya terbang lebih jauh lagi

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Eksplorasi yng cukup melelahkan. Tak ada kendaraan apapun yng mendukung eksplorasi

Satu pulau yang dengannya variasi rasa. Papair menggabungkan unsur yng menarik dalam desain pulau. Di satu wilayah Kamu akan melihat hutan lebat yng dipenuhi pepohonan sampai-sampai cahaya sulit masuk menembus. Di sisi lain-lainnya Kamu akan menyaksikan daerah berbatu yng terjal dan gersang. Kedua sensasi yng kontradiktif.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Rimbunnya pepohonan 'Forest'

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Airplane Testing Grounds; tempat dimana pesawat akan diterbangkan

The Cave; proyek 'iseng' para pilot yang dengannya harapan memberikan sinyal meminta bantuan

Menjdai permainan bertema adventure, Kamu minimal mampu mengetahui alur yng ditawarkan Papair. Dominasi permainan berupa proses pencarian suatu item serta disaat item-item yang telah di sebutkan sukses didapati seutuhnya, cuma tidak banyak saja Kamu mampu melihat bagaimana permainan ini berakhir. Tidak lebih lebih 90% berupa quest, 10% berupa penyelesaian. Selama itu berakhir bahagia, saya rasa gamer manapun akan puas menikmati permainan itu.
Apa yng membuat saya makin terkesan kepada Papair. Alunan musik yng 'pas'. Di setiap terrain terdapat backsound yng berbeda. Kita mampu mendengar bahwasanya musik yang telah di sebutkan bukanlah musik yng rumit, akan tetapi simpel tanpa mengurangi keindahannya. Dalam Papair setidaknya terdapat 7 musik berbeda yng Amat menggambarkan event yng terlaksana.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Tokoh serta kisah pada permainan ini mengingatkan kita pada film animasi 'UP'

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Kamu akan Suka menyaksikan pilot tua ini membungkuk sambil menghela nafas lantaran kelelahan

Kamu terus-menerus mencari blueprint dan kedua benda berbentuk aneh yng saya pun tak mengetahui persis namanya. Akan tetapi benda bulat semisal mutiara yang telah di sebutkan merupakan bahan bakar yang dengannya kekuatan yng masif. Kekuatannya Amat besar hingga Kamu akan mengetahuinya menjelang akhir permainan.
Dalam permainan ini Kamu pun akan diceritakan beberapa hal menarik perihal apa saja yng dialami pilot ini. Ya, dia melakukan tidak sedikit pekerjaan demi memuaskan kebutuhannya, misalnya menanam vodka. Interaksi cuma berupa penjelasan tooltip disaat Kamu menemukan ataupun menjelajahi sesuatu yng baru. Fitur ini tidak banyak menambah kompleksitas permainan.
Desain pulau ini begitu mengesankan. Perpaduan komponen mekanik berupa gerigi bisa dilihat di beberapa sudut pulau. Ini tentu menjadi tanda tanya besar bagi Kamu yng penasaran. Siapa yng membuat gerigi raksasa yang telah di sebutkan? Bagi atau bisa juga dikatakan untuk apa? Jawaban yang telah di sebutkan akan Kamu temukan sesudah memainkan Papair.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Kualitas grafis yng cukup lumayan bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebuah permainan yng dibuat yang dengannya Unity 3D

Sebetulnya, Papair Amat condong mengedepankan warna-warna beraroma sejuk. Cuma saja, pada beberapa elemen terlihat kontras warna yng agak tidak lebih sinkron. Kamu bisa melihat hijau cerah pada rumput yng tumbuh di tanah berpasir, sungguh tak bisa diterima akal logika.
Akan tetapi dari sudut pandang lain, kualitas visual yng hadir nampak cukup hidup. Selaras yang dengannya atmosfer cerita di dalamnya. Bayangan jatuh proporsioanl yang dengannya intensitas cahaya. Grafis semi-kartunis tak membuat Carmen menghilangkan blur effect dari jarak penggambaran tertentu. Di sayangkan, efek ini malah terlalu dekat menjadikan membuatnya tidak lebih nyaman dipandang.
Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
SPOILER: Lupakan pesawat, ada sesuatu yng lebih luar biasa menanti
Download Papair
Kita mampu menarik kesimpulan bahwasanya Papair sukses menarik perhatian lewat sajian cerita dan mekanikal gameplay yng gampang dipahami. Kamu tak butuh pandai berbahasa Inggris. Cuma tidak banyak kata-kata yng terucap di mulut pilot, disertai yang dengannya subtitle. Malah tak butuh lulus SMP bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekedar mampu memahami segala goresan pena yng muncul di dalam permainan.
Desain terrain, mekanik permainan, atmosfer grafis, serta alunan musik melebur menjadi satu jalinan cerita yng menarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk diikuti sampai-sampai selesai. Malah Perlu saya akui, saya terasa ingin protes ke Carmen lantaran cerita yng ditayangkan dalam Papair begitu singkat. Meskipun dalam artian lain demi melindungi inti cerita di dalamnya. Anyway, no problem...
Kekuatan utamanya merupakan si karakter pilot yng telah memutih rambutnya ini. Dalam kondisi renta masih Perlu berjuang agar mampu kembali, melepas hidup kesendirian selama 30 tahun. Pergi kesana-kemari membawa ransel besar. Yang dengannya konsekuensi, tidak tidak sedikit hal yng mampu dilakukannya. Sekedar mengambil barang ataupun menendang saja.
Tanda tanya besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk permainan ini; bagi atau bisa juga dikatakan untuk apa fitur memukul serta menendang pada permainan ini sedangkan disini tak ada satupun musuh?
Well, ini akan menjadi catatan serius bagi Carmen dalam pengembangan proyek permainan orang-orang selanjutnya. I hope there is a next version...
Kelebihan
  • Alunan musik tepat yang dengannya latar
  • Mekanik simpel
  • Alur cerita yng menggugah
  • Desain terrain pulau Amat menarik
  • Kekuatan karakter utama cukup kentara
Kekurangan
  • Efek grafis tidak lebih sesuai
  • Cerita terlalu singkat

Ngomong-ngomong, ada kutipan tidak jelek alias bagus dari permainan Papair:
Saya selalu terasa benar-benar hidup disaat saya terbang tinggi.

Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah
Where is this?

Papair by Utz Stauder

Berlangganan Tulisan atau artikel Via Email




Source Articles & Image : www.cronosal.web.id

Seputar Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Papair: Kolaborasi Musik dan Mekanik yang Indah