Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah

- 1/23/2017 11:45:00 PM

Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah

 

Cara Membuat Jaringan LAN, Tutor Jaringan Komputer Gampang - Jaringan LAN adalah jaringan komputer local yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk area dibatasi semisal rumah maupun sekolah. Jaringan LAN Amat gampang dibuat lantaran cuma butuh beberapa perlengkapan serta setting pada komputer. (Baca Pun: Tips Mengatasi Komputer/Laptop Lemot) Di artikel ini saya akan memberikan tulisan atau artikel singkat 'cara membuat lan sendiri' pada windows 7

Cara Membuat Jaringan LAN yang dengannya Gampang

Alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sebuah jaringan LAN

  1. Router
    Router merupakan jantung pada sebuah jaringan. Router berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan jaringan satu yang dengannya jaringan lain. Dalam kasus ini, router menghubungkan jaringan internet yang dengannya jaringan LAN
  2. Switch
    Berbeda yang dengannya router, switch berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan masing-masing komputer pada sebuah jaringan LAN
  3. Ethernet Card
    Ethernet card merupakan sebuah adapter bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencolokkan kabel ethernet menjadikan komputer mampu tersambung menuju jaringan. Umumnya, pada komputer-komputer terbaru, kartu ini sudah disematkan secara onboard menjadikan kamu tak butuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli lagi.
  4. Ethernet Cable
    Yakni kabel yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan komputer ke router ataupun mampu pun komputer satu yang dengannya komputer lain. Ujung pada kabel ini diberi sebuah konektor yng disebut RJ-45. RJ-45 mempunyai 2 settingan, yakni straight serta cross. Straight dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan komputer ke router sedangkan cross dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambungkan komputer langsung yang dengannya komputer.
  5. Modem
    Andai kamu ingin menghubungkan jaringan kamu ke internet, maka kamu pun Perlu membeli sebuah modem. Andai kamu tak membeli sebuah modem, maka komputer kamu cuma mampu berkomunikasi yang dengannya komputer lain yng terdapat pada jaringan LAN yang telah di sebutkan.
  6. Perlengkapan lain
    Crimping tool, LAN tester, gunting, multimeter.
    Crimping tool dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyambungkan RJ-45 yang dengannya kabel ethernet. LAN tester dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk testing kabel LAN sudah berfungsi atai tak. Menjdai pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercepat maupun mempermudah pekerjaan kamu, kamu mampu meminta tolong kepada pedagang kabel ehternet misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk sekalian memasangkan RJ-45 menjadikan kamu tinggal memasangkan kabel-kabel yang telah di sebutkan menuju router serta komputer.
Sebelum menyiapkan perlengkapan di atas. Amat disarankan kamu melakukan perencanaan berlebi dahulu, yakni meliputi jumlah komputer, luas area, yang dengannya begitu kamu mampu membuat rancangan kabel yng efektif menjadikan mampu menghemat biaya yng dibutuhkan. kamu bia mempergunakan software semisal paint bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat rancangan penataan jaringan LAN Kamu. Sesudah itu, barulah kamu beli perlengkapan yng diharapkan serta pasangkan perlatan-peralatan di atas.
Berikut merupakan model yng akan kita pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun jaringan LAN (mampu pun bagi atau bisa juga dikatakan untuk Warnet). sumber gambar (microsoft.com)
jaringan lan
1. Merupakan Internet
3. Merupakan modem sekalian Router yng menghubungkan komputer server menuju internet
4. Komputer server
5. Switch
Sesudah hardware terpasang, saat ini merupakan tahap bagi atau bisa juga dikatakan untuk setting software. setting ini meliputi instalasi OS, setting network connection, konfigurasi TCP/IP address, yang terakhir merupakan uji coba jaringan yng sudah kamu pasang.

Mengaktifkan Internet Connecting Sharing

ICS bertujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagikan koneksi internet komputer host menuju komputer lain-lainnya.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengaktifkan ICS pada komputer server, silahkan buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center, Klik kanan pada koneksi yng ingin kamu bagikan, klik Properties, klik tab Sharing, lalu centang kotak Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection, simpen. Oke, hingga tahap ini, cuma komputer server yng mampu terhubung ke internet
Sesudah koneksi dibagikan, maka masing-masing komputer Perlu memperoleh IP address. Tatacaranya,
  1. buka Control Panel, klik Network and Internet, klik Network and Sharing Center, klik Change Adapter Center.
  2. Klik kanan pada Koneksi LAN, Klik Properties
  3. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) ataupun Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6), lantas pilih properties
  4. klik Obtain an IP address automatically ataupun Obtain an IPv6 address automatically.

Seputar Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Membuat Jaringan LAN, Tutorial Jaringan Komputer Mudah